Model-Model Pembelajaran yang Dikembangkan di Kurikulum 2013


Model-Model Pembelajaran yang Dikembangkan di Kurikulum 2013

Model-Model Pembelajaran yang Dikembangkan di Kurikulum 2013

Proses pembelajaran di kurikulum 2013 haruslah menyentuh tiga ranah pembelajaran yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dengan proses pembelajaran seperti itu, hasil belajar pun diharapkan dapat melahirkan peserta didik yang produktif, kreatif, inovatif, dan efektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang saling terintegrasi. Dalam rangka mengolah pembelajaran agar runtut, maka dikembangkanlah model pembelajaran yang perlu diterapkan di kegiatan inti.

Model pembelajaran merupakan acuan sistematis yang digunakan dalam proses pembelajaran. Ciri-ciri model pembelajaran, yaitu fokus, memiliki sintak, sistem sosial, dan sistem pendukung. Model pembelajaran digunakan oleh guru agar pembelajaran lebih efisien dan efektif. Guru dapat memilih model-model pembelajaran dari berbagai model yang ada. Model pembelajaran yang dipilih hendaknya dapat membuat siswa aktif dan berpikir kritis. Contoh model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran tematik terpadu antara lain model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran berbasis penemuan, dan model pembelajaran berbasis masalah.

Semua model pembelajaran tersebut terpadu dengan pendekatan saintifik yang merupakan karakter dari kurikulum 2013 itu sendiri. Pendekatan saintifik sangat berperan untuk membuat anak aktif dan berpikir kritis, sehingga model-model pembelajaran di atas akan sangat efektif dan tidak bisa terpisah dengan pendekatan saintifik itu sendiri.

0 Response to "Model-Model Pembelajaran yang Dikembangkan di Kurikulum 2013"

Posting Komentar