Inilah Sedikit Tentang Penilaian Autentik


Inilah Sedikit Tentang Penilaian Autentik


PENILAIAN- Tahun 1949 pendidik kondang dunia Ralph Tyler mengusulkan konsep tentang evaluasi siswa yang telah diperluas, mencakup pendekatan-pendekatan lainnya disamping tes dan kuis. Guru dituntut untuk mengambil sampel pembelajaran dengan cara mengoleksi produk-produk dari upaya siswa sepanjang tahun. Praktik tersebut berkembang menjadi apa yang kini kita sebut sebagai Penilaian Autentik. Penialaian autentik mencakup sederetan pendekatan termasuk penilaian portofolio, jurnal dan buku catatan, rekaman video, performan, dan proyek.
penilaian autentik
Beberapa Manfaat Penialaian Autentik
  • Siswa menekankan peran aktif siswa dalam proses penialaian, mengurangi tekanan kecemasan terhadap tes dan meningkatkan percaya diri siswa.
  • Penilaian autentik dapat diterapkan dengan sukses terhadap siswa dari beragam latar belakang kultural, gaya belajar, dan kemampuan akademis.
  • Tugas-tugas yang digunakan dalam penialaian autentik akan lebih menarik dan reflektif pada kehidupan keseharian siswa.
  • Lebih berpusat kepada siswa.
Penilaian autentik memang baru bagi kebanyakan siswa. Awalnya mungkin mereka akan susah beradaptasi. hal tersebut dikarenakan setelah berpuluh tahun terkondisi oleh tes dengan menggunakan kertas dan pensil, mencari jawaban tunggal yang benar, memang tidak dapat dilupakan begitu saja. Penilaian autentik membutuhkan cara baru dalam memahami pembelajaran dan evaluasi. Peran guru juga berubah. Pekerjaan atau tugas khusus yang harus dievaluasikan dan kriteria penilaiannya perlu dengan jelas diidentifikasikan sejak awal.
Untuk mengawalinya, perkenalkanlah penilaian autentik dalam satu bidang (misalnya tentang pekerjaan rumah) dan kemajuan dalam langkah-langkah kecil sementara siswa beradaptasi.
Demikian informasi tentang penilaian autentik ini, semoga bermanfaat. Dan terimakasih untuk share.

0 Response to "Inilah Sedikit Tentang Penilaian Autentik"

Posting Komentar